5 Karakter Jualan di Marketplace

02
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seperti apakah karakter jualan di marketplace alias pasar daring di Internet? Apa pengaruhnya terhadap pebisnis? Kenali semuanya di sini.

Marketplace adalah tempat bagi semua orang untuk menawarkan barang dan jasa mereka dengan mudah ke seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Hal ini mempermudah siapa saja untuk membuka bisnis dan meningkatkan perekonomian mereka.

Namun, ada berbagai macam karakter marketplace. Sebelum memutuskan untuk meletakkan produk, pilih marketplace yang memang sesuai dengan jiwa dari bisnismu. Nah, kenali yuk berbagai karakter jualan dari marketplace di sini!

Marketplace Khusus Consumer Goods

Ada beberapa marketplace yang mengizinkan penjual untuk menawarkan barang dan jasa, tetapi ada juga yang hanya memperbolehkanmu untuk menawarkan barang. Jika bisnismu bergerak di bidang jasa, jangan buat akun di marketplace yang hanya memperbolehkan barang saja. 

Kamu bisa mencari marketplace yang mengizinkan pemilik jasa untuk menjual produk mereka. Karena jasa tidak memiliki bentuk fisik, chat dan rangkuman penyelesaian pekerjaan harus kamu unggah sebagai bukti bahwa pembeli sudah mendapatkan jasa yang mereka inginkan.

Marketplace Tanpa Rekening Bersama

Kebanyakan marketplace menggunakan sistem rekening bersama. Namun, ada beberapa di antara mereka yang tidak menggunakan hal itu. Biasanya, sistem konvensional digunakan oleh marketplace properti atau kendaraan bermotor, di mana penjual dan pembeli harus bertemu muka untuk melakukan transaksi jual-beli.

Kecuali kamu ingin berjualan kendaraan dan properti, gunakan marketplace yang memang mengusung sistem rekening bersama. Sistem ini akan mempermudah kamu dan calon pembeli untuk bertransaksi dan mengurangi ketidakpercayaan antara kamu dan mereka. 

Marketplace Jasa Freelancer 

Selain barang dan jasa dari perusahaan, ada juga lho marketplace khusus freelancer alias pekerja lepas. Para pekerja lepas menawarkan kemampuan mereka dan memasukkan CV untuk mempromosikan diri. Sementara itu, pencari jasa akan membuat lowongan baris yang akan sampai ke linimasa para freelancer. 

Marketplace ini bahkan bisa menembus batas negara, karena biasanya para pencari jasa tidak memberikan syarat mengenai kewarganegaraan para freelancer. Untuk kamu yang memiliki kemampuan tertentu seperti desain grafis, programming, dan juga content writing, marketplace seperti ini akan sangat membantumu.

Marketplace Elektronik

Ada banyak sekali marketplace yang dibuat khusus untuk berjualan produk elektronik, seperti TV dan ponsel. Untuk berjualan produk elektronik di sini, kamu harus memberikan spesifikasi lengkap produk yang kamu jual, mulai dari kondisi barang hingga fitur.

Beberapa marketplace elektronik menerapkan sistem rekening bersama, tetapi ada juga yang menerapkan sistem cash on delivery. Sistem rekening bersama akan lebih baik karena barang elektronik dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Marketplace Produk UMKM

Belakangan ini, pemerintah memang sedang giat-giatnya menunjang kegiatan UMKM. Untuk itu, ada beberapa marketplace yang memang khusus menjual produk-produk buatan anak bangsa dengan harga yang terjangkau.

Kalau kamu adalah pemilik UMKM dan ingin memasarkan produkmu dengan baik, kamu bisa menggunakan marketplace semacam ini. Produkmu akan diketahui banyak orang dan akan menambah omzetmu dengan mudah.

Ada banyak karakter marketplace yang tersedia di Internet. Namun, sebaiknya kamu juga memiliki toko online sendiri khusus untuk menjual barangmu.

Karakter berjualan dengan toko online sendiri berbeda lho dengan di marketplace.  Branding tokomu akan lebih kuat dan minim persaingan. Yuk buat toko onlinemu sekarang, gratis, klik https://bislin.com.

Artikel Lain