5 Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif

NN0
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bingung mencari ide bisnis kreatif yang orisinal dan tidak membosankan? Cek langkah-langkahnya di sini dan segera mulai berbisnis sekarang juga!

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai suatu bisnis adalah menemukan ide bisnis kreatif. Zaman sekarang, tidak ada satu pun ide bisnis yang orisinal. Namun, kamu bisa mengolah ide-ide lama supaya menjadi menarik dan mampu menjaring banyak pelanggan.

Ada beberapa proses yang bisa kamu lewati untuk menemukan ide bisnis kreatif. Cermati dan dapatkan bisnis unik yang tak akan dilupakan oleh para pelanggan.

Melihat Media Sosial

Media sosial adalah tempat di mana para pebisnis mencoba untuk membangun kesadaran produk. Mereka akan menampilkan visualisasi bisnis sebaik mungkin sehingga pelanggan pun akan tergerak untuk membeli produk tersebut.

Ada berbagai macam iklan dan kampanye menarik serta unik di media sosial. Dengan melihat semua hal tersebut, kamu pun akan mendapatkan inspirasi untuk mencari ide bisnis atau membuat kemasan usaha yang menarik.

Membaca Berita Terkini

Seorang pebisnis sukses harus mampu melihat tren. Pengetahuan tentang tren bisa kamu dapatkan melalui berita-berita terbaru. Jangan ragu untuk selalu melihat media sosial seperti Twitter karena ia selalu cepat dalam mengabarkan berbagai macam berita yang sedang ramai dibahas.

Kamu juga bisa melihat berita terbaru melalui platform agregator berita atau Google Trends. Apa yang sedang marak dilakukan dan diperbincangkan orang bisa kamu jadikan pegangan untuk membuat bisnis yang akan menarik perhatian mereka.

Perbanyak Riset

Riset sangat diperlukan untuk menjadi dasar bagi bisnismu agar tidak salah arah. Riset bisa kamu awali dengan cara menentukan siapa saja target untuk pasarmu. Kemudian, buatlah kuesioner mengenai selera pasar dan hal-hal lain yang ingin kamu ketahui terkait bisnis, sebarkan kuesioner itu kepada target pasarmu secara acak.

Selain dengan menggunakan survey, riset juga bisa kamu lakukan dengan cara mencari tahu apa saja hal-hal yang sedang banyak dibahas di media sosial, atau barang dan jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat milenial.

Dengan memperkuat riset, kamu pun tidak akan ragu dalam mengembangkan ide bisnismu di masa depan.

Ketahui Potensimu

Temanmu bisa saja sukses dalam berbisnis krim kecantikan, tetapi kamu belum tentu. Setiap orang memiliki potensi dan selera yang berbeda. Apabila kamu lebih lihai dalam memasak misalnya, mengapa tidak kamu kembangkan saja hal itu menjadi bisnis yang menguntungkan? Kamu tidak perlu mengekor kesuksesan temanmu jika kamu sudah tahu apa potensi dirimu.

Tanyakan kepada dirimu sendiri mengenai hal apa yang kamu sukai. Kemudian, cari tahu apa potensi bisnis dari sana. Sekadar terinspirasi kesuksesan orang lain tentu bukan masalah, tetapi jadilah diri sendiri dalam berbisnis agar kamu tidak kebingungan saat harus mengembangkan produk nantinya.

Lihat Kondisi Terkini dan Modifikasi

Pada musim COVID-19, masker menjadi sebuah komoditas yang amat dibutuhkan. Orang-orang pun berbondong-bondong berjualan masker. Namun, sekadar berjualan masker tentu tidak spesial dan pelanggan juga tidak akan tertarik dengan bisnis baru yang biasa saja.

Amati bagaimana para pendahulu dalam bisnis membuat masker. Catat kelebihan dan kekurangan mereka, kemudian jangan lupa untuk menambahkan kelebihan apa yang akan kamu tawarkan. Misalnya, kamu menawarkan masker dengan desain unik yang menyenangkan untuk dilihat.

Setelah itu, kamu bisa memodifikasi ide-ide lama dengan hal-hal baru yang sudah kamu rancang. Dengan begitu, pelanggan pun akan tertarik kepada ide bisnismu.

Ikuti langkah-langkah di atas dan segera dapatkan ide bisnis yang unik dan betul-betul menggambarkan apa yang kamu pikirkan, sehingga kamu akan semangat dalam menjalankan setiap bisnis.
Jika ide sudah dapat, langsung aja action! Buat toko online. Klik aja https://bislin, kamu bisa buat toko online secara instan dan gratis.  Yuk tuangkan ide bisnis kreatif di Bislin, pasarkan produkmu, dan dapatkan omset menggiurkan sekarang juga.

Artikel Lain