6 Tips Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

gia-oris-_uM5_nG2ssc-unsplash (1)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

6 Tips Cara Mulai Bisnis Bagi Pemula

Buat yang akan memulai usaha sendiri, kami mengucapkan selamat! Cari tahu enam tips cara mulai bisnis berikut yang pastinya akan sangat berguna sebagai bekal karir baru kita.

Siapa pun pasti berkeinginan untuk memiliki usaha atau bisnis sendiri. Selain memiliki jadwal kerja yang lebih fleksibel dan kesempatan membuka lapangan pekerjaan, membangun bisnis sendiri tentu saja akan lebih menguntungkan secara finansial dibandingkan menjadi karyawan.

Walaupun menggiurkan, banyak yang ragu untuk mengambil langkah pertama karena bayangan akan banyaknya tantangan yang akan dihadapi. Namun, seperti yang dikatakan Marissa Mayer, presiden & CEO Yahoo!, “Jika Anda bisa meredam perasaan takut dalam mengambil risiko, hal-hal yang menakjubkan bisa terjadi.”

Nah buat yang berniat untuk menjadi bos buat dirimu sendiri, berikut cara mulai bisnis bagi pemula yang perlu kita semua tahu.

  1. Fokus Pada Satu Peluang Bisnis

Kita pastinya melihat banyak sekali peluang bisnis menggiurkan di dunia maya yang membuat kita ingin mencoba peruntungan yang sama. Namun sebagai pemula, fokus pada satu peluang bisnis adalah cara mulai bisnis terbaik.

Dengan fokus pada satu peluang, pikiran kita tidak akan terpecah-pecah. Mengembangkan ide dan pikiran juga lebih terarah saat kita serius pada satu ide bisnis.

  1. Pilih Sesuatu yang Kita Sukai 

Salah satu alasan terbesar seseorang memulai bisnis adalah karena mereka ingin mengejar passion mereka. Hal ini tentu menjadi salah satu kunci cara mulai bisnis yang patut kita contoh.

Dengan memulai peluang bisnis pada sesuatu yang menjadi minat kita, kita bisa melakukan semuanya dengan sepenuh hati, maksimal, dan bisa lebih menikmati setiap prosesnya.

  1. Master Your Business

Untuk bisa mengembangkan bisnis sebaik mungkin, mampu menguasai segala hal tentang bisnis yang dijalani adalah hal penting. Dengan lebih menguasai, kita bisa tahu bagaimana cara memasarkan bisnis dan bersaing dengan kompetitor.

Belum lagi jika suatu saat bisnis kita dilirik oleh investor. Hal ini tentu menjadi mimpi setiap pebisnis pemula. Dengan menguasai bisnis, kita akan mampu menjelaskan kepada calon investor dengan jelas dan cerdas.

  1. Mempelajari Kompetitor

Cara mulai bisnis bagi pemula yang keempat adalah selalu mau untuk terus belajar. Salah satu cara mendalami bisnis lebih jauh adalah dengan mempelajari kompetitor kita. Tentukan dua hingga empat pesaing dengan bidang bisnis yang sama dengan kita serta lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

Pelajari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mereka. Lakukan juga perbandingan antara metode yang kita rencakan serta cara marketing para kompetitor tadi.

  1. Jadilah Unik

Apabila bidang usaha yang akan kita tekuni adalah hal yang sudah banyak ditawarkan di luar sana, jangan berkecil hati. Karena kita sudah mulai dengan mimpi, yakinlah bahwa kita bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang sudah ada.

Lakukan hal yang unik dan buatlah produk atau jasa dengan sentuhan distingtif yang tidak dimiliki para pesaing kita. 

  1. Promosi Secara Tepat

Dalam bisnis apapun itu, marketing adalah hal fundamental. Tanpa promosi tepat, bisnis tidak akan mudah dikenal banyak orang dan hal itu akan berdampak tidak bisa berkembangnya bisnis kita.

Nah dengan berkembang pesatnya dunia maya, memanfaatkan social media adalah strategi bisnis yang bisa digunakan. Selain itu, jika kita hendak berjualan, saat ini banyak kemudahan dalam berjualan secara online.

Bagi pebisnis pemula, kini hadir platform pembuatan toko online praktis, Bislin.com. Buat toko online dalam hitungan menit, gratis!

Itu tadi enam cara mulai bisnis bagi pemula yang simple tapi sangat penting. Apapun peluang bisnis yang kita pilih, selalu siap dengan rintangan apapun nantinya. Terus maju dan jangan pernah berhenti berusaha. 

Artikel Lain