Apa Itu Internet Marketing?

NN01B
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Buat kamu para milenial dan generasi selanjutnya yang lagi getol berbisnis, wajib untuk mempelajari internet marketing. Simak selengkapnya di sini.

Internet sudah mengambil bagian yang penting di kehidupan kita, termasuk di bidang jual-beli. Jika kamu serius untuk berbisnis di era modern, kamu harus mempelajari pola internet marketing.

Pada dasarnya, ilmu internet marketing merupakan metode pemasaran di Internet. Metode ini berbeda dengan pemasaran yang terjadi di dunia nyata, karena kamu harus berhadapan dengan berbagai tools yang ada di mesin pencarian. 

Menguasai internet marketing membuat produk kamu mudah menjangkau banyak pelanggan potensial. Cermati beberapa hal yang harus kamu pahami terkait pemasaran di Internet ya!

Memahami Online Marketing Funnel

Untuk mengawali kesuksesan dalam pemasaran internet, kamu wajib untuk mengetahui komponen-komponen di dalamnya yang terkandung di dalam internet marketing funnel alias saluran pemasaran internet. Komponen-komponen itu mencakup surel, konten Internet, SEO, iklan PPC, Blog, Google Marketing, dan media sosial.

SEO atau search engine optimization adalah sebuah usaha untuk meletakkan situs di posisi teratas mesin pencarian Google. Calon pelanggan cenderung malas membuka halaman dua dan selanjutnya di Google. Jika situs bisnis kamu berada di sana, calon pelanggan mudah untuk mengaksesnya dan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sementara itu, PPC atau paid-per-click adalah iklan-iklan yang biasa muncul di situs dan ketika diklik, akan mengarahkan pengguna kepada media sosial atau situs bisnismu.

Menggunakan fitur PPC akan memudahkan proses promosi produkmu ke target-target pasar yang dituju di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Harganya pun variatif dan lebih efektif jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional di dunia nyata yang hanya menjangkau pihak-pihak tertentu, lho. Tertarik mencobanya?

Menyadari Kekuatan Konten

Dalam ilmu pemasaran internet, konten adalah raja. Ia dapat menarik pelanggan baru, merayu mereka untuk terikat kepada produkmu, serta mempermudah produk kamu ditemukan di dalam mesin pencarian.

Buat konten media sosial yang menarik, sesuaikan dengan tren yang ada. Visualisasi konten sebaiknya orisinal dan mampu menggambarkan jiwa dari bisnis yang kamu geluti.

Untuk konten blog, pahami aturan SEO. Buat artikel menarik yang bermanfaat, mudah ditemukan mesin pencari, dan mampu mengantarkan pembaca pada perkenalan terkait apa yang kamu tawarkan.

Menentukan Target Pasar

Ada dua orang pedagang, yang pertama adalah Lisa dan yang kedua adalah Lina. Lisa membuka toko konvensional dan melakukan promosi menggunakan spanduk di alun-alun kota serta menyebarkan flyer di kampungnya.

Sementara itu, Lina membuka toko online di platform e-commerce, menggunakan iklan berbayar Facebook dan Google Ads. Mana menurutmu yang lebih mampu menjangkau banyak pelanggan? Tentu jawabannya adalah Lina. Namun, sebelumnya, Lina harus memahami target pasarnya.

Riset target pasar bertujuan untuk memahami siapa saja yang akan tertarik pada produk kamu dan kepada siapa ia harus dipromosikan. Buat perkiraan mengenai kelompok usia, gender, jenis pekerjaan, dan latar belakang ekonomi serta wilayah calon pelanggan yang tertarik untuk membeli produk kamu.

Setelah itu, dalam proses pembuatan iklan, simpan dan tetapkan target tersebut. Iklan akan ditujukan kepada target-target pasar kamu sehingga mereka dapat langsung menghubungi kamu untuk membeli produk.

Google mencatat aktivitas para penggunanya. Pernahkah kamu mencari kosmetik dan pada akhirnya, selalu menemukan iklan kosmetik saat membuka Internet? Itulah canggihnya Google Ads untuk bisnis semua orang, termasuk bisnismu!

Mempelajari internet marketing adalah kesempatan terbaik bagi kamu yang berniat memajukan bisnis. Bayangkan, betapa ajaibnya jika kamu bisa mendulang pundi-pundi rupiah hanya dengan memegang gawai dari rumah!

Jika kamu sudah paham ilmu internet marketing, pasti kamu perlu banget toko online. Branding bisnismu semakin kuat dan kamu bisa menjalankan strategi retargeting dengan memasang FB PIXEL. Yuk, buat toko online-mu sekarang di https://bislin.com, gratis!

Artikel Lain