Bagaimana Cara Kerja Dropshipper?

NN07
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Menjalani bisnis dropship sebagai dropshipper memungkinkanmu  menjual berbagai jenis produk tanpa harus mengeluarkan modal.

Bisnis dropship atau menjadi dropshipper kerap dipilih oleh mereka yang ingin mulai berbisnis namun terkendala modal. Karena memang memiliki banyak kelebihan, tak salah jika bisnis dropship banyak dilirik para usahawan. Yuk simak apa dan bagaimana sih sebenarnya cara kerja dropshipper itu, siapa tahu kamu tertarik menjalankannya juga.

Memulai Bisnis Dropship

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadi dropshipper tentu adalah mencari pemasok yang setuju barang-barangnya kamu bantu pasarkan dengan sistem dropship. 

Apa sih dropship itu? Dropship merupakan salah satu cara berdagang yang dipakai di masyarakat dan kian meluas seiring kemajuan teknologi. Sistem ini memungkinkan seseorang untuk melakukan pemasaran hanya bermodalkan gambar dan informasi mengenai spesifikasi produk, tanpa harus menyimpan stok barang. 

Ketika ada pesanan, dropshipper tinggal menyampaikan pada pemasok dan produk akan langsung dikirimkan dari pemasok. Sesederhana itu? Tunggu dulu, jangan terburu-buru. Kita gali lebih jauh mengenai kelebihan dan risiko menjalani bisnis dropship.

Kelebihan Bisnis Dropship 

Dapat Dijalankan Tanpa Modal

Seperti yang disampaikan di atas tadi, dropshipper tidak perlu menyimpan stok untuk menjual barang menggunakan sistem dropship. Jadi dapat dikatakan bahwa bisnis dropship dapat dijalankan nyaris tanpa modal. Kenapa nyaris? Ya, setidaknya kamu membutuhkan kuota internet untuk memasarkan produk tersebut melalui media digital.

Tidak Repot dengan Stok

Sebagai dropshipper, kamu tidak usah repot mengurus stok barang. Kamu hanya perlu memantau secara berkala mengenai ketersediaannya di pemasok. Selebihnya kamu bisa berfokus pada pemasaran dan strategi yang akan dijalankan. 

Mudah Dijalankan

Bisnis dropship relatif mudah dijalankan. Kamu tinggal menyalin foto produk beserta deskripsinya, lalu menampilkan di toko online-mu. Semakin dikenal merek produk yang dijual, semakin besar pula peluang kamu untuk segera mendapatkan pembeli.

Fleksibel

Bermodal smart phone dan kuota internet, kamu sudah bisa menjalankan bisnis dropship di mana pun, dari rumah atau sembari nongkrong di kafe.

Menjual Produk yang Bervariasi

Dengan menjadi dropshipper kamu bisa menjual berbagai jenis produk dari banyak pemasok.

Risiko Bisnis Dropship

Ketidakpastian Stok

Dropshipper yang tidak dapat melakukan pengecekan stok secara langsung berisiko dengan ketidakpastian stok. Barang yang pagi hari masih banyak, siang hari bisa jadi sudah habis. Jika kamu terlanjur mengatakan barang tersedia pada calon pembeli dan ternyata ketika dicek sudah out of stock, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kredibilitas toko online-mu. 

Kecilnya Keuntungan  

Bila dibandingkan dengan menjadi reseller, keuntungan yang kamu dapat sebagai dropshipper relatif jauh lebih kecil. Kamu harus memiliki strategi pemasaran yang bagus untuk memaksimalkan keuntungan.

Produk Tidak Ada di Depan Mata

Tantangan menjadi dropshipper adalah harus dapat memasarkan produk yang tidak ada di depan mata, atau bahkan kamu belum pernah tahu seperti apa bentuk aslinya. Kamu mesti benar-benar mendapatkan pemasok yang terpercaya, jangan sampai produk yang dijual mengecewakan pembeli karena tidak sesuai deskripsi. Baiknya sih kamu mencoba membeli dulu produknya sebelum memutuskan bekerja sama. 

Siap dengan Keluhan Konsumen

Tidak adanya akses langsung pada produk yang  dipasarkan, membuat kamu tidak dapat mengecek kondisi produk dan mengetahui informasi ketersediaan stok secara real time. Keadaan-keadaan tersebut memunculkan risiko menerima berbagai keluhan dari konsumen dan kamu harus siap.

Itu tadi mengenai bisnis dropship dan cara kerja dropshipper. Sudah ada ide akan berjualan apa secara dropship? Kamu tentu perlu toko online untuk memajang produk dropshipmu. Yuk buat sekarang di https://bislin.com, gratis! Setelah itu tinggal berpromosi deh. Semoga ulasan ini membantumu lebih sukses dengan bisnis yang akan dirintis ya!

Artikel Lain