Bagaimana Membongkar Mental Block dalam Berbisnis?

N13. pexels-fauxels-3184306
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ada tujuh cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mental block di dalam diri kita. Dari membaca, mengikuti seminar, hingga mencoba hal-hal yang baru.

Mental block menjadi dua kata yang semakin banyak kita dengar belakangan ini. Secara singkat, mental block dapat diartikan sebagai hambatan psikologis dalam diri seseorang saat hendak melakukan sesuatu atau meraih apa yang diinginkan.

Bagi yang hendak memulai bisnis, sering kali merasa bahwa hambatan untuk melangkah banyak berasal dari kita sendiri dibandingkan pengaruh dari luar. Bagaimana membongkar mental block dalam berbisnis? Yuk cari tahu tips berikut:

  1. Membaca

Membaca menjadi salah satu stimulus yang bisa merubah mental block. Membaca mampu mengubah sikap dan mindset dimana hal ini ampuh membongkar mental block tadi. 

Dengan membaca, kita mampu membayangkan berbagai situasi dan kondisi. Misalkan yang mulanya tidak pernah membayangkan menjadi pebisnis, akhirnya memiliki mindset yang lebih terbuka setelah membaca buku tentang entrepreneurship

  1. Mengikuti Seminar atau Training

Selain membaca, cara yang satu ini juga terbukti ampuh membuat mindset berubah. Dengan mengikuti seminar atau training, pikiran akan lebih terbuka dan kepercayaan diri meningkat.

Kita yang mulanya tidak percaya diri dan dipenuhi banyak keraguan, akan mulai termotivasi. Melalui seminar, kita juga berkesempatan untuk memperluas jaringan.

  1. Berkomunikasi dengan Banyak Orang

Jika merasa sebagai seorang pemalu dan terlalu takut untuk memulai perbincangan dengan orang lain, saatnya untuk memaksakan diri sendiri. Jika berhasil berinteraksi dengan orang lain, kita akan berhasil menghadapi ketakutan tadi.

Setelah memulai perbincangan dengan seseorang, kita akan menikmati obrolan yang tercipta. Hingga pada akhirnya menyadari apa yang dibayangkan sangat jauh berbeda dengan yang terjadi.

  1. Mengganti Limiting Belief

Sering kali saat hendak memulai atau membuat keputusan dalam bisnis akan selalu ada kata-kata negatif yang menghantui pikiran atau kita sebut sebagai limiting belief. Kalimat seperti “Bagaimana jika tidak berhasil?” atau “Sepertinya saya tidak bisa melakukannya” adalah contoh kata-kata yang membatasi diri kita sendiri.

Karenanya, mulai ganti limiting belief dengan empowering belief. Berlatihlah untuk berkata, “Ini akan berhasil” atau “Sepertinya saya bisa melakukan ini.”

  1. Move On dari Masa Lalu

Salah satu penyebab mental blocking adalah adanya pengalaman di masa lalu yang kurang menyenangkan. Namun, terjebak di masa lalu tidak akan membuat kita maju.

Saatnya meyakinkan diri sendiri bahwa apa yang terjadi di masa lalu adalah satu episode yang telah lewat. Waktunya berdamai dengan masa lalu dan ijinkan diri kita untuk menjalani kehidupan ke depan dengan lebih positif.

  1. Lakukan Incantation

Incantation adalah mengucapkan kalimat membangun atau positif dengan penuh keyakinan dan rasa bersyukur secara berulang. Sebagai contoh, katakan pada diri sendiri, “Hari ini, saya mengijinkan diri saya bertambah sehat, kaya, dan bahagia.” 

Ucapkanlah kalimat ini minimal sepuluh kali dan lakukan dengan penuh senyuman dan kepercayaan. Metode ini diperkenalkan oleh Anthony Robbins.

  1. Mencoba Hal Baru

Untuk bisa menghancurkan mental block, mencoba hal-hal baru juga patut dicoba. Dengan memiliki pengalaman-pengalaman baru, dinding mental block semakin lama akan semakin terkikis. 

Hal ini karena mencoba hal baru mampu membuat kita merasa lebih baik serta mampu memperbaiki kekurangan dalam diri. 

Bayangkan mental block sebagai batu loncatan yang bisa dilalui. Dengan menghadapinya  secara perlahan, lambat laun kita pasti akan mampu membongkar mental block dan semakin sukses dalam berbisnis.Dengan membongkar mental block kamu dalam berbisnis, kamu akan semakin mantap menjalani profesi sebagai pengusaha sejati. Jangan lupa banyak berdoa dan buat toko online untuk bisnismu di bislin.com.

Artikel Lain