Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Modal?

N10. pexels-canva-studio-3153201
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Memiliki bujet terbatas untuk berbisnis? Yuk, baca dan terapkan cara memulai bisnis tanpa modal ini. 

Kesuksesan dalam berbisnis merupakan impian semua pebisnis. Namun, terbatasnya dana sering menjadi kendala. Jangan khawatir. Ternyata kamu bisa memulai bisnis tanpa modal. Bagaimana caranya? Yuk, simak.

  1. Manfaatkan Aset yang Ada

Banyak orang beranggapan bahwa memulai bisnis harus memiliki uang yang cukup. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu bisa memulai terjun ke bisnis dengan memanfaatkan aset yang ada.

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menggunakan aset yang dimiliki. Berdasarkan aset tersebut, kamu bisa mempertimbangkan tipe bisnis. Apakah ingin terjun dalam bisnis jasa atau layanan produk? 

Selanjutnya, pahami apa yang perlu dipersiapkan dan dilakukan dengan aset tersebut. Misalnya, kamu memiliki laptop dan ponsel. Kamu bisa menggunakan laptop untuk bisnis desain grafis. Gunakan ponsel untuk memasarkan layanan jasa serta portofolio. 

  1. Kerjakan Pekerjaan Sendiri

Jika kamu ingin memulai bisnis tanpa modal, lakukan semua pekerjaan bisnis sendiri. Dengan begitu, kamu akan banyak belajar tentang bisnis—mulai dari cara mempromosikan, menjual, membuat pembukuan, hingga membuat konten. 

Hal tersebut bisa kamu pelajari secara gratis di berbagai situs web ataupun YouTube. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas murah tentang bisnis online. Cara ini bisa menghemat sekaligus mengasah keterampilan bisnis.

  1. Kombinasikan Ilmu dan Keterampilan 

Kombinasikan ilmu dan keterampilan yang kamu miliki agar bisnis tanpa modal bisa berjalan dengan sukses. Jika kedua hal ini diaplikasikan dalam bisnis, kamu selangkah lebih maju. 

Manfaatkan koneksi pribadi agar bisnis sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Gunakan juga telepon atau media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan calon pelanggan. 

  1. Pertahankan Pekerjaan Utama 

Saat memutuskan berbisnis bukan berarti kamu harus berhenti dari pekerjaan utama. Kamu masih bisa bekerja sekaligus berbisnis. Jika kamu berbisnis, kamu harus berani mengambil risiko. Namun, kamu juga harus realistis. Kamu perlu memiliki sumber dana untuk keuangan. 

Langkah yang harus dilakukan adalah melakukan keduanya, yaitu membangun bisnis sekaligus bekerja. Pekerjaan utama akan memberikan keamanan dan kestabilan untuk sumber finansial. Selain itu, pendapatan dari pekerjaan yang diperoleh sangat berguna ketika bisnis mengalami penurunan omzet.

Memang bekerja dan melakukan bisnis dalam satu waktu bisa menguras banyak energi. Namun, cara ini menjadi salah satu solusi untuk melihat kemajuan bisnis. Jika bisnis berkembang, kamu bisa segera berhenti bekerja dan fokus berbisnis.

  1. Gunakan Platform Online sebagai Media Pemasaran

Melakukan promosi dengan mengandalkan sistem online sangat efisien dan efektif. Kamu bisa mulai dengan membuat situs web. Membangun situs web merupakan salah satu cara praktis untuk memperkenalkan layanan bisnis yang dimiliki. Situs web juga memudahkan calon pelanggan menjangkau bisnis. 

Selain situs web, kamu juga bisa memanfaatkan platform online lain, seperti Facebook, YouTube, Twitter, atau Instagram. Melalui platform online ini, kamu bisa membuat konten tentang bisnis melalui kata-kata, gambar, ataupun video. Platform online juga memudahkan kamu untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. 

  1. Jangan Mudah Menyerah

Apapun hasil dalam berbisnis, jangan takut gagal. Tidak ada jaminan setiap bisnis yang dilakukan akan berhasil. Sebaliknya, tidak ada juga jaminan setiap bisnis yang dilakukan akan gagal. 

Oleh karena itu, jangan mudah menyerah. Apabila kamu takut gagal, kesempatan menjadi pebisnis sukses akan terhalang. Ingat! Bob Sadino sempat mengalami kegagalan sebelum sukses menjadi seorang miliarder. 

Inilah beberapa cara memulai bisnis tanpa modal yang bisa aplikasikan. Kamu bisa merintis bisnis dengan cara berbisnis online. Selain mudah, bisnis online cukup menjanjikan dan kamu bisa memiliki toko online sendiri. 

Lengkapi bisnismu dengan toko online yang keren. Dan itu gak harus mahal lho. Kini hadir platform pembuatan toko online praktis, Bislin.com. Buat toko online dalam hitungan menit, gratis!

Artikel Lain