Bagaimana Meningkatkan Semangat Wirausaha

N11.
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Mulai dari berkaca pada panutan, bergabung dengan komunitas bisnis, hingga visualisasi mimpi bisa kamu lakukan untuk menjaga semangat wirausaha kamu.

Langkah pertama adalah yang paling berat. Hal ini berlaku terutama saat kamu hendak memulai usaha—mulai dari takut gagal hingga merasa tidak percaya diri. Karenanya, sangatlah penting menemukan hal-hal yang bisa meningkatkan semangat wirausaha kamu. Mau tahu apa saja tips-nya? 

  1. Berkacalah pada Panutan

Kamu pasti memiliki pebisnis yang kamu kagumi. Belajarlah dari mereka dan dengan melihat kesuksesan yang telah mereka raih, kamu akan merasa termotivasi. Berkacalah pada millennial sukses sehingga dari mereka kamu semakin yakin bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh usia.

  1. Bergabung Dengan Komunitas Pebisnis

Salah satu cara jitu agar semangat wirausaha tidak padam adalah dengan join komunitas pebisnis. Saat berkumpul dengan orang-orang yang memiliki profesi sama dan bergelut di usaha yang sama, akan selalu ada ide, pelajaran, dan semangat baru yang bisa didapatkan dari anggota komunitas tersebut.

  1. Membaca Buku-Buku Inspiratif

Selain mendapatkan motivasi dari anggota komunitas bisnis, kamu pun bisa mendapatkan inspirasi dari buku-buku tentang para pebisnis sukses. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan pengetahuan dan skill-mu dalam bisnis.

  1. Jaga Kesehatan

Kamu tidak akan bisa bersemangat dengan kondisi badan yang kurang fit. Karenanya untuk bisa tetap produktif dan bersemangat, olahraga secara rutin, tidur cukup, dan makan makanan sehat sangatlah penting. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan lingkungan juga sangat penting untuk kesehatan mental.

  1. Disiplin pada Jadwal

Karena kamu tidak perlu memberikan laporan pada siapa pun sebelum deadline, hal itu bisa membuatmu sedikit terlena dan lalai. Pastikan bahwa kamu tetap memenuhi jadwal dan target yang ada. Buatlah work plan to keep you on track.

  1. Reward Yourself

Jika kenaikan gaji dan jabatan bisa dijadikan pemicu untuk meningkatkan produktivitas, kamu pun bisa melakukan hal yang sama walaupun kamu sekarang yang menjadi bos buat dirimu sendiri. Tentukan goal dan berikan reward pada dirimu jika goal tadi tercapai. Bisa sepatu yang sudah lama ingin kau beli, menginap di hotel, atau wisata ke tempat yang sudah lama kamu idamkan.

  1. Tetap Fokus

Saat wirausaha milikmu berkembang, akan ada beberapa hal baru yang ingin kamu capai. Namun, tetaplah fokus pada tujuan awal yang belum tercapai. Hindari melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Tentukan mana yang menjadi prioritas dan fokus pada satu hal tersebut.

  1. Munculkan Ide Baru dan Unik

Agar tidak jenuh, teruslah melakukan inovasi dan kembangkan bisnismu dengan ide-ide baru yang unik. Untuk setiap ide baru yang muncul, buatlah catatan ringkas dan berikan deadline serta strategi pengembangan nantinya.

  1. Tentukan Hari Libur

Jika bekerja di perusahaan kamu diberikan hari minggu sebagai hari libur, lakukan hal yang sama saat menjalankan wirausaha. Bagaimanapun juga, tubuh dan otakmu juga memerlukan istirahat. Karenanya, berilah satu hari dalam seminggu untuk hari liburmu.

  1.  Visualisasi Mimpi

Jika kamu sudah mendengar “law of attraction” dalam semesta jagat raya ini, pastinya bisa membayangkan apa itu visualisi mimpi. Visualisasi mimpi dapat dilakukan melalui tiga cara. Yang pertama, menetapkan mimpi. Kedua, memvisualisasikan impianmu secara detail, dan ketiga, tempatkan objek yang mendekati impian kamu. 

Misalkan, kamu ingin memiliki sebuah kantor pribadi nantinya. Carilah sebuah gambar yang mendekati dengan kantor impianmu dan letakkan foto tadi di dekat meja kerjamu sehingga kamu akan merasa termotivasi setiap kali melihatnya.

Itu tadi sepuluh cara yang bisa kamu lakukan agar semangat wirausaha tidak mudah padam. Selain dengan cara-cara di atas, jangan lupa juga untuk selalu berdoa. 

Nah buat kamu yang ingin memulai bisnis dengan berjualan secara online kini hadir Bislin, salah satu platform penyedia toko online kekinian. Siap mendukungmu. Kamu bisa buat toko online dengan mudah dan gratis. Cobain yuk! Klik aja https://bislin.com.

Artikel Lain