Cara Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Kamu

09
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sudahkah kamu mencoba WhatsApp Bisnis? Aplikasi ini sangat ramah untuk kamu yang sering berinteraksi dengan konsumen. Berikut cara mengoptimalkannya.

Kamu tentu tidak asing dengan WhatsApp bukan? Aplikasi messaging ini sudah lama ada, bahkan sebelum masuk ke Play Store. Aplikasi ini terbilang mudah digunakan dan praktis, karena kebanyakan orang tua juga bisa menggunakannya. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai media komunikasi yang universal untuk segala usia dan lintas generasi.

Selain untuk media komunikasi, WhatsApp juga dimanfaatkan untuk berbisnis. Menanggapi hal tersebut, WhatsApp akhirnya meluncurkan WhatsApp Business. Sudahkah kamu menggunakannya? Berikut ada beberapa cara mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Bisnis untuk kebutuhan bisnis online-mu.

  1. Buatlah Profil WhatsApp yang Informatif

Dalam menggunakan WhatsApp Bisnis, kamu akan disediakan profil yang berbeda dengan WhatsApp Messenger. Pasang foto profil yang menarik, dan lengkapilah semua ruang kosong yang ada dalam profil bisnismu. Ruang – ruang informasi yang dapat diisi adalah alamat lengkap, kategori dan deskripsi bisnis, hari dan jam operasional, alamat e-mail dan alamat website.

Kamu tidak harus mengisi semua ruang kosong yang ada. Sebagai suatu contoh, jika kamu mempunyai bisnis online yang merupakan rumahmu sendiri, kamu bisa mengosongkan alamat lengkapmu karena alasan privasi. Isilah informasi yang memang bisa dibagikan kepada para pelangganmu.

  1. Mengategorikan Pesan dengan Fitur Label

Kamu dapat menggunakan fitur label untuk mengategorikan pesan – pesan yang masuk. Hal ini dilakukan agar mudah melakukan follow up dan membedakan pelanggan mana yang sudah memesan, atau membayar.

Pada dasarnya, fitur ini bisa kamu manfaatkan sesuka hatimu. Kamu bisa membuat label dengan nama apapun. Selain itu, kamu juga bisa menghapus label yang sudah ada, dan membuat yang baru.

  1. Simpan Kontak Pelanggan

Cara yang satu ini bisa kamu terapkan untuk berjaga – jaga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada handphone-mu. Kamu dapat menyimpan kontak pelanggan – pelangganmu yang masuk pada WhatsApp menggunakan Google Contact.

Tujuan menggunakan Google Contact adalah memanfaatkan penyimpanan online dan terintegrasi dengan akun Google yang kamu gunakan. Jadi, saat kamu mengganti handphone, kamu bisa memulihkan semua kontak yang telah kamu simpan di handphone sebelumnya. 

  1. Pesan Otomatis

Fitur lain dari WhatsApp Bisnis yang cukup canggih adalah kemampuan untuk membalas pesan secara otomatis. Fitur ini akan membantu kamu untuk membalas pesan saat kamu tidak sedang memegang ponselmu. Setelah pelangganmu mengirim pesan untuk pertama kalinya, dia akan menerima pesan yang sudah kamu siapkan.

  1. Quick Replies

Quick replies, fitur ini memperbolehkan kamu untuk menyiapkan beberapa balasan. Pada saat ada pelanggan yang menannyakan hal yang sama dengan pelanggan lainnya, kamu tidak perlu capek – capek untuk menulisnya Kembali ataupun copy-paste.

Biasanya, fitur ini digunakan untuk membalas pertanyaan yang sering ditanyakan seperti; menu, nomor rekening, cara pembelian, pilihan pengiriman, dan sebagainya. Sama halnya dengan fitur label, kamu bisa mengatur quick replies sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Integrasikan dengan Toko Online-mu

Cara terakhir untuk mengoptimalkan WhatsApp Bisnis adalah menghubungkannya dengan toko online yang kamu miliki. Kamu bisa mempromosikan toko online-mu dengan mengarahkan pembeli untuk membeli produkmu dari sana. Kini telah hadir platform toko online dengan fitur checkout order via WhastApp. Penasaran apa aja fitur kerennya? Klik aja https://bislin.com.

Dengan demikian, itulah cara – cara mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Fitur – fitur yang disediakan tentunya sangat membantu untuk melakukan pelayanan yang cepat, mudah, dan nyaman. Tentu saja, semua ini akan mendukung bisnismu untuk memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan dan meningkatkan adanya kemungkinan untuk repeat order.

Sumber:

https://www.brilio.net/gadget/tips-menggunakan-whatsapp-business-untuk-para-pebisnis-191212j.html

https://kirim.email/whatsapp-business/ 

https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-whatsapp-bisnis/

Artikel Lain