Ini Dia Cara Jualan di Instagram yang Jarang Diketahui

07
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Barang atau jasa yang kamu jual Instagram hasilnya kurang memuaskan? Artikel ini membahas beberapa cara jualan di Instagram yang mungkin belum kamu ketahui.

Instagram, media sosial yang satu ini dikenal karena memfasilitasi penggunanya untuk mengunggah foto dan video beserta fitur – fitur pendukungnya. Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, tentu akan terlihat seperti sebuah pasar besar. Tak hanya sebagai platform untuk berbagi kehidupan, Instagram juga bisa digunakan untuk jualan.

Selain karena penggunanya yang banyak, Instagram menjadi pilihan untuk berjualan karena kemudahan untuk memuat barang dagang berupa foto dan caption di bawahnya. Apakah jualanmu susah berkembang? Berikut ada beberapa cara jualan di Instagram yang jarang diketahui.

  1. Buatlah Akun Khusus Jualan

Hal ini memang terlihat sepele, namun alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki akun yang khusus untuk berjualan. Pembuatan akun khusus ini bertujuan agar para pelanggan hanya berfokus kepada barang atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu akan lebih mudah mengatur feed agar terlihat lebih menarik.

Akun Instagram sendiri ada dua jenis; akun bisnis, dan akun pribadi. Untuk berjualan disarankan untuk menggunakan akun bisnis, karena tampilan serta adanya fitur – fitur tambahan seperti Instagram Ads, insight, informasi kontak dan tombol “call to action” pada profilmu. Sama seperti akun pribadi, akun bisnis juga gratis untuk digunakan, kecuali fitur Instagram Ads

  1. Unggah Foto Produkmu dengan Keterangan yang Lengkap

Setelah selesai membuat akun bisnis, saatnya menata akun tersebut dengan gambar atau foto – foto produkmu.  Pakailah foto yang orisinal dan jangan menggunakan yang sudah ada di internet, karena akan menimbulkan keraguan pada calon pembeli. Luangkanlah waktu untuk memfoto produkmu dengan bagus.

Saat proses mengunggah foto, tentunya harus disertai dengan caption yang singkat, namun lengkap. Rangkailah kata – kata yang nyaman dibaca dan persuasif. Sertakan spesifikasi, harga, dan ketersediaan produkmu. Diakhir caption, kamu juga bisa menambahkan “Call to Action” untuk menarik perhatian calon pembeli serta mendapatkan respons dari para calon pembeli yang melihat produkmu.

  1. Manfaatkan Fitur Hashtag

Setelah menyematkan “Call to Action” pada caption produkmu, ada satu hal lagi yang harus ditambahkan yaitu hashtag. Hashtag ini sangat berguna untuk mempermudah post atau akun bisnismu ditemukan oleh pengguna lain yang tidak mengikutimu. Dalam satu post, kamu dapat menyematkan maximal 15 hashtag.

Hashtag biasanya ditempatkan paling bawah pada caption yang kamu buat. Gunakanlah hashtag yang relevan dengan produkmu. Pilihlah hashtag yang ramai dicari, saat menulisnya akan muncul berapa public post yang menggunakannya. Misalnya, kamu menjual celana, bisa menggunakan hashtag seperti, #celanamurah, #celanakeren, #celananyaman, dan sebagainya.

  1. Unggah Testimoni Pelangganmu 

Mengunggah testimoni yang diberikan pelangganmu juga merupakan salah satu cara jualan di Instagram yang patut diterapkan. Hal ini dapt meningkatkan ketertarikan para calon pelanggan untuk membeli produkmu. Ada dua cara untuk mengunggah testimoni; menggunakan fitur story dan highlights atau di post langsung ke feed akunmu.

Adapun cara yang disarankan adalah menggunakan fitur story dan highlights, karena tidak akan merusak tampilan feed saat berada di profil akunmu. Untuk menggunakannya cukup tekan simbol “+” yang ada di profilmu, tulis nama highlights-nya dan masukkan foto – foto testimoni pelangganmu. 

  1. Buat Toko Online

Kamu susah mengatur penjualan secara langsung di Instagram? Ada baiknya membuat toko online dan menjadikan Instagram hanya sebagai media untuk promosi. Dengan ramainya akun Instagram-mu, kamu dapat mengarahkan pengikutmu atau para calon pembeli ke website yang sudah kamu miliki.

Instagram kamu sudah rame tapi belum punya toko online? Sayang banget. Langsung aja klik https://bislin.com untuk bikin toko online dalam hitungan menit dan gratis. Ada fitur checkout order via WhatsApp.

Itulah beberapa cara jualan di Instagram yang mungkin belum kamu ketahui. Kamu bisa menggunakannya untuk berjualan atau hanya sebagai media promosi saja. Gunakanlah fitur – fitur yang ada untuk membesarkan peluang adanya pesanan dari para calon pembeli.

Sumber:

https://teknologi.id/bisnis/10-tips-jualan-di-instagram-ampuh-bikin-olshop-banjir-orderan

Artikel Lain