Riset Sederhana untuk Temukan Ide Jualan Online

NN03b
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Riset dapat mengarahkanmu pada ide jualan online yang tepat untuk dijalankan.

Ide jualan online bisa kamu temukan dengan hanya melakukan riset sederhana. Penasaran apa yang perlu diriset dan bagaimana caranya? Yuk, simak terus ulasan berikut.

Objek Riset

Target Pasar

Hal penting yang harus kamu ketahui saat akan memulai berjualan, baik secara online maupun offline, adalah siapa target pasarnya. Tentukan siapa target pasarmu, identifikasikan secara rinci, kemudian gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai target pasar yang dituju. Usia, jenis kelamin, pendidikan, kecenderungan, hobi, dan lain sebagainya. Mengetahui semua hal tadi akan memudahkanmu menemukan ide jualan online dan cara pemasaran yang efektif.

Riset sederhana terkait target pasar ini dapat kamu lakukan salah satunya lewat semacam wawancara namun dikemas dalam bentuk obrolan ringan agar tidak kaku dan lebih mengalir. Bisa dengan cara langsung menemui orang yang akan diwawancarai atau melalui berbagai media komunikasi. Sebelumnya tentu kamu perlu membuat pemetaan dan daftar pertanyaan agar proses riset lebih efisien.

Sedikit tips, untuk objektivitas hasil riset, usahakan tidak mewawancarai orang-orang terdekat yang kamu kenal melainkan mereka yang benar-benar mewakili target pasar yang kamu bidik.   

Kompetitor

Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu riset kompetitor. Tentu kamu bukan satu-satunya yang menjaring target pasar tertentu. Pelajari bagaimana strategi yang dijalankan oleh kompetitor dalam meraih konsumen di target pasar tersebut. Catat kekurangan dan kelebihan dari strategi mereka. Kamu bisa mendapatkan ide jualan online lewat riset kompetitor. Misalnya ada celah atau kekurangan pada metode berjualan yang mereka pakai, kamu bisa mengisi celah itu dan menjadikan kekurangan tersebut sebagai peluang bisnis.

Lalu bagaimana cara risetnya? Cara termudah pastinya lewat media internet. Masukan kata kunci di mesin pencarian mengenai kompetitor di target pasar yang menjadi sasaranmu.

Kondisi Pasar

Hal lain yang bisa membantumu mendapatkan ide jualan online adalah riset kondisi pasar. Kamu dapat melakukannya melalui media sekunder, yaitu mempelajari data-data yang telah dipublikasikan secara umum. Hasil yang diperoleh dari riset kondisi pasar akan sangat berguna dalam merancang strategi pemasaran.

Riset kondisi pasar dimulai dengan mengamati tren di masyarakat. Pada dasarnya pasar akan berubah seiring tren yang muncul. Selanjutnya perhatikan bagaimana kondisi persaingan di pasar. 

Misalnya kamu sudah punya target pasar yang dituju, lalu hasil riset kompetitor telah kamu kantongi, yang terakhir adalah uji coba pasar. Realisasikan salah satu ide jualan online dan lihat bagaimana respon pasar. Dari sana kamu akan mendapat gambaran yang lebih baik mengenai produk seperti apa yang bagus untuk dijual ke pasar.

Media Sosial

Saat ini umumnya masyarakat memiliki akun media sosial, kamu bisa memanfaatkan itu untuk melakukan riset mengenai apa yang sedang digemari dan produk apa yang banyak dicari. Data yang kamu peroleh dari riset media sosial berpeluang mengarahkan pada ide jualan online yang dapat dijalankan segera.

Marketplace  

Platform jualan online besar juga bisa menjadi objek riset kecil-kecilanmu untuk menemukan ide jualan online. Lihat produk yang banyak dibeli masyarakat, cari tahu di rentang harga berapa yang paling laku.

Riset merupakan pijakan yang baik bagi kamu yang baru mulai menapaki dunia bisnis. Melalui riset kamu bisa mendapatkan petunjuk  ide jualan online yang prospektif dan realistis. Jangan lupa, pastinya jualan onlinemu akan lebih keren kalau kamu punya toko online, yuk buat aja di https://bislin.com. Cepat, mudah, dan gratis!

Selamat mengamati dan mempelajari sekitarmu ya. Siapa tahu dari sana kamu menemukan ide jualan online yang mengantarkan pada kesuksesan dalam berbisnis. 

Artikel Lain