Semangat Wirausaha Tumbuh di Masa Pandemik? Ini Alasannya

N3. 3843132
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kenapa banyak wirausaha baru bermunculan selama masa Pandemik COVID-19? Berikut lima alasan yang mendasari mereka memutuskan untuk memulai usaha sendiri.

Selama pandemi COVID-19 tidak sedikit pekerja yang harus stay at home dengan konsekuensi pengurangan gaji. Dan, tidak sedikit pula yang bahkan harus menghadapi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Namun di masih sulit pandemi, beberapa malah optimis dan percaya bahwa ini adalah saat yang tepat bagi mereka untuk menjadi wirausaha. Kira-kira apa saja alasan pandemi menumbuhkan semangat wirausaha? Simak ulasan berikut ini.

  1. Berdamai dengan Keadaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, cukup banyak karyawan atau pekerja harian yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat virus corona ini. Hal ini tentu saja mendesak kita untuk berpikir tentang bagaimana mendapatkan kembali penghasilan.

Dalam rangka berdamai dengan keadaaan, seseorang harus bisa mencari cara guna bertahan selama pandemik. Karena itulah tidak sedikit yang “dipaksa” beralih menjadi wirausaha.

  1. Lebih Banyak Waktu Kosong 

Karena stay at home sangat gencar digaungkan, kita tidak lagi sibuk bersosialisasi di luar rumah. Hal ini tentu saja membuat kita harus berhadapan dengan banyak waktu luang.

Karena alasan ini, banyak orang menjadi lebih kreatif dalam mencari cara mengisi waktu kosong sembari mendapatkan penghasilan. Ini tentu saja menjadi cara mengisi waktu yang brilian.

  1. Banyaknya Peluang Bisnis Baru Bermunculan

Selama masa pandemik, hal-hal yang dulunya tidak begitu menjadi perhatian beralih sebagai primadona. Contoh sederhana adalah bisnis di bidang kesehatan seperti suplai masker, hand sanitizer, maupun Alat Pelindung Diri (APD).

Banyak orang berbondong-bondong membuat masker kain karena pangsa pasar yang tinggi. Penjahit yang mengalami penurunan pesanan pun lebih memilih untuk membuat APD dan menawarkannya kepada rumah sakit atau tempat lain yang membutuhkan.

Jasa catering makanan pun sekarang merebak dimana-mana. Para pekerja yang tidak berani untuk membeli makan siang di luar, lebih memilih untuk memesan catering. When life gives you lemons, make lemonade.

  1. Online Shopping Menjadi Andalan

Jika dulu sebelum pandemik banyak dari kita ragu-ragu untuk memulai bisnis dikarenakan tidak memiliki venue, hal tersebut tidak lagi berlaku. Sekarang ini, online shopping dinilai sebagai platform jual beli paling aman selama masa pandemik.

Semakin banyak orang beralih ke online shopping bahkan hanya untuk membeli keperluan sehari-hari. Hal ini tentu saja dimanfaatkan banyak orang. 

Hadirnya platform pembuatan toko online yang praktis menjadi solusi untuk mengonlinekan bisnis mu dan mendukung wirausaha. Sekarang kamu bisa buat toko online mu secara gratis di Bislin.com.

  1. Alasan Sosial

Selain empat alasan di atas, kepedulian sosial juga menjadi dasar seseorang memulai usaha sendiri di masa sulit sekarang ini. Karena banyak kerabat maupun teman menghadapi kesulitan secara finansial, banyak yang mencari jalan untuk membantu sesama.

Memulai bisnis guna mendapatkan penghasilan tambahan serta memberikan lapangan kerja bagi kerabat yang membutuhkan menjadi salah satu alasan disini. Kita ambil contoh menjual masker tadi. 

Kita pastinya tertarik dengan permintaan pasar yang tinggi akan masker. Namun kemampuan kita untuk menjahit tidak mumpuni. Di lain pihak, kerabat atau teman yang memiliki keahlian ini sedang menghadapi kesulitan. Disinilah kita melihat peluang usaha dan secara bersamaan membantu ekonomi kerabat kita tadi.

Itu tadi lima alasan yang mendasari banyak dari kita memutuskan untuk menjadi wirausaha di masa pandemik COVID-19. Apapun alasannya, semoga bisnis kita bisa terus berkembang ke depannya. Jadikan platform toko online Bislin.com untuk memperlancar usaha kamu.

Artikel Lain