Tips dan Trik Sederhana Jualan di Facebook

NN04
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah Facebook media sosial utamamu? Selain untuk bersosialisasi, kamu juga bisa jualan di Facebook. Berikut adalah tips dan trik sederhananya. 

Pada zaman digital ini, berjualan tidak hanya mengandalkan media cetak sebagai alat untuk membangun product awareness dari suatu barang atau jasa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial. Hanya dengan bermodalkan kuota, kamu sudah dapat berjualan atau mempromosikan barang/jasamu dengan gratis maupun berbayar. 

Salah satu media sosial yang dapat digunakan adalah Facebook. Jika kamu sudah mempunyai akun Facebook, tidak ada salahnya untuk mencoba jualan di Facebook. Yuk, simak beberapa tips dan trik sederhana berikut.

  1. Tampilkan Foto yang Bagus dan Orisinal

Kesan pertama adalah hal yang penting. Hal tersebut adalah sesuatu yang pasti, karena kamu tidak hanya akan berjualan kepada teman-temanmu di Facebook. Maka, gunakanlah foto produkmu sendiri dan buatlah yang bagus.

Kenapa kamu harus repot-repot membuat foto produk yang orisinal dan bagus? Jawabannya tentu saja untuk menarik perhatian dan kepercayaan calon konsumen. Gunakanlah foto produkmu yang asli; jangan gunakan foto-foto yang ada di internet. Selain berpotensi melanggar hak cipta, kamu juga dapat membuat citra jualanmu menjadi kurang bagus.

Jika foto yang kamu gunakan terbukti merupakan milik orang lain, para calon konsumen akan ragu untuk memesannya. Bisa jadi mereka akan berpikir bahwa produknya tidak akan sesuai saat diterima. Jadi, gunakanlah foto produk yang bagus dan orisinal.

  1. Manfaatkan Grup Jual Beli

Tips dan trik sederhana selanjutnya untuk jualan di Facebook adalah dengan memanfaatkan grup jual beli yang ada. Pertama-tama, tentunya kamu harus masuk dulu ke grup tersebut. Kamu dapat mencari grup jual beli menggunakan fitur “Groups” di Facebook.

Carilah grup yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan, biasanya ada grup khusus untuk kuliner, barang bekas, jasa, dan sebagainya. Jika kamu menjual barang atau jasa hanya dalam satu daerah, carilah grup jual beli yang berisikan penduduk pada daerah tersebut. 

Saat sudah menemukan grup yang sesuai dengan kriteria yang kamu cari, posting-lah produk jualan kamu. Dengan caption yang lengkap, nomor yang bisa dihubungi, foto dan harga barang.

  1. Gunakan Fitur Marketplace 

Fitur Marketplace yang ada dalam media sosial Facebook ini sudah ada sejak lama. Namun, baru pada tahun 2020 ini, fitur tersebut banyak digunakan karena sangat membantu para penjual barang. Fitur marketplace ini sangatlah sederhana. Kamu tinggal menekan tombol “Sell” dan masukkan detail barang yang dijual.

Selain cara jual yang sederhana, tampilannya juga demikian. Terdapat foto produk yang bisa kamu unggah, deskripsi barang, harga, dan lokasi jualan yang dapat dilihat dalam satu halaman. Akan tetapi, marketplace tidak memilki pembayaran online seperti pada e-commerce lainnya sehingga kamu harus COD (Cash on Delivery) atau menggunakan media pembayaran eksternal seperti dompet digital dan transfer bank.

Saat para calon pembel menghubungimu, kamu harus merespons mereka dengan cepat, baik, dan sopan. Buatlah mereka merasa nyaman dan percaya kepadamu agar mereka yakin untuk membeli produk yang ditawarkan. Saat sudah mencapai kesepakatan, kamu bisa mengantar langsung barangnya atau menggunakan jasa kurir. Ingat untuk membungkus produkmu dengan rapi dan aman agar barangnya tidak rusak saat diantar menuju pembeli.

Itulah beberapa tips dan trik sederhana jualan di Facebook yang bisa kamu lakukan. Jika jualan kamu sudah mempunyai banyak untung, kamu juga bisa menggunakan fitur berbayar menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan penjualanmu. Jika kamu bingung tentang pengelolaannya kamu bisa menggunakan Bislin sebagai platform toko onlinemu yang terintegrasi dengan Facebook Pixel.

Di Bislin, fitur tersebut sangat berguna untuk menarget ulang pelanggan yang pernah berbelanja atau berkunjung ke toko online-mu sehingga bisa mendapatkan repeat order. Lengkapi kanal promosi dan penjualan kamu dengan membuat toko online. Klik aja https://bislin.com, kamu bisa buat toko online secara instan dan gratis.

https://bislin.com/

Artikel Lain