Tips Memulai Bisnis Sebagai Reseller

razvan-chisu-Ua-agENjmI4B-unsplash
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tidak asing dengan kata “reseller”? Memulai bisnis sebagai seorang reseller akan lebih mudah dengan mengetahui beberapa tips pada artikel berikut ini. 

Sebelum memulai bisnis sebagai seorang reseller, tentu saja kamu harus tahu apa itu seorang reseller dan apa yang dilakukannya. Secara harfiah, reseller dapat diterjemahkan menjadi seseorang yang menjual kembali suatu produk. Karena itulah, banyak yang berkata bahwa untuk menjadi seorang reseller tidak memerlukan modal yang besar.

Dengan adanya media internet, bisnis reseller online pun banyak diminati karena bisa menghemat modal untuk menyewa sebuah toko. Menjadi reseller tidak hanya duduk diam dan mengunggah foto produk saja, kamu harus memikirkan cara untuk menarik konsumen. Yuk, simak beberapa tips berikut.

  1. Pilihlah Produk yang Mudah Dijual

Hal pertama yang harus ditentukan saat ingin memulai bisnis reseller adalah barang yang ingin kamu jual kembali. Lihatlah kondisi pasar, produk apa yang sedang naik daun? Apa yang sedang trending di media sosialmu? Dengan demikian kamu akan memperkecil kemungkinan untuk menjual barang yang memiliki sedikit peminat atau bahkan barang yang tidak menjual sama sekali.

Kenali barang atau produk yang akan kamu jual dengan baik. Dari segi bahan, keunggulan, kekurangan, sebaiknya bagaimana jika dibungkus untuk pengiriman, dan lain-lain. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun saat ada pelanggan yang menanyakan hal-hal tersebut, kamu bisa dengan cekatan menjawabnya, sehingga pelanggan tersebut tidak akan ragu untuk membelinya.

  1. Carilah Supplier yang Terpercaya dan Profesional

Setelah menentukan jenis barang yang akan dijual, kamu harus mencari supplier atau pemasok yang terpercaya dan juga profesional. Hal ini sangat penting, karena kamu akan menjual barang-barang yang dikirim darinya. Cara mudah untuk mengetahui supplier yang bagus adalah dengan membaca ulasan-ulasan yang ditulis oleh pelanggannya.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu latar belakang atau track record dari supplier tersebut. Hubungi dan mulailah bekerja sama jika kamu tidak menemukan hal – hal yang negatif.

  1. Tingkatkan Kemampuan Sosialmu

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan bersosialisasi yang kamu miliki. Kamu bisa memulai promosi dari teman-teman dekatmu. Jangan ragu untuk menawarkan barang yang kamu jual. Mulai dari sana, bangunlah kepercayaan diri untuk memasarkan produk kepada keluarga besarmu hingga orang asing.

Jangan ragu untuk menjangkau banyak orang dengan cara mengundang mereka untuk menyukai atau mengikuti akun sosial media bisnismu. Selalu ingat untuk bersikap sopan, persuasif, dan baik, bahkan jika pada akhirnya calon pelanggan tersebut tidak jadi membeli produkmu. Cukup ucapkan “terima kasih” dan tawarkan untuk kembali jika berubah pikiran. 

  1. Konsisten dalam Pemasaran

Tentunya sebagai reseller online kamu harus rajin mempromosikan barangmu. Manfaatkan semua sosial media beserta fitur-fitur yang sudah disediakan, seperti menggunakan hashtag, membuat halaman produk, masuk ke dalam grup jual beli, dan sebagainya.

Lakukanlah pemasaran dengan wajar untuk menghindari spamming. Spamming akan mengakibatkan calon pembeli menjadi malas melihat barangmu atau kehilangan minat dan berhenti mengikuti akunmu. Buatlah sebuah jadwal posting agar pemasaranmu tidak mengganggu mereka.

  1. Gunakan Kesempatan yang Ada

Kesempatan tidak akan datang dua kali. Kalimat tersebut tentunya terdengar tidak asing. Jika ada pelanggan yang menghubungimu, balaslah dengan cekatan dan menggunakan bahasa yang sesuai.

Luangkanlah waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pelanggan. Jika diperlukan, kamu dapat membantu pelangganmu dalam menentukan barang yang akan dibeli. Buatlah pelanggan merasa nyaman sehingga akan menaikkan kemungkinan adanya repeat order.

Itulah beberapa tips memulai bisnis sebagai reseller yang bisa kamu terapkan. Selain menggunakan media sosial, kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelangganmu. Selain itu, sebagai reseller, kamu tentu perlu toko online untuk memajang produk dropshipmu. Yuk buat sekarang di https://bislin.com, gratis!

Sumber:

Artikel Lain