Tren Belanja Online Meningkat, Lakukan ini untuk Bisnis Kamu

03
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tren belanja online semakin meningkat di tengah pandemi. Lalu, apa saja hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak bisnismu? Simak di sini.

Pandemi COVID-19 memang membuat perubahan besar bagi masyarakat, termasuk dalam pola jual-beli. Apabila kamu adalah pebisnis, kondisi ini bisa kamu jadikan pelajaran untuk mengoptimalkan pemasaran di Internet. Pasalnya, masyarakat pun semakin sering melakukan aktivitas belanja online.

Dengan tren belanja daring yang meningkat, kamu bisa melakukan beberapa terobosan untuk bisnismu dan meningkatkan omzetmu, bahkan di tengah ketidakpastian pandemi. Mari simak beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan bisnis dalam kondisi sini.

Membuat Konten Media Sosial

Konten sangat diperlukan dalam proses pemasaran media sosial. Konten dapat memberikan impresi baik dan membuat calon pelanggan tertarik pada produk yang kamu tawarkan. Buatlah media sosial official untuk bisnismu dan unggah konten-konten menarik. 

Kamu bisa menyewa penyedia jasa desain grafis atau penulisan konten untuk membuat media sosialmu semakin terlihat keren. Media sosial adalah ujung tombak bisnis di Internet, jadi, kamu harus memikirkannya secara matang.

Menggunakan Iklan Berbayar

Iklan di Internet kini bisa digunakan oleh siapa saja. Berbeda dengan iklan di televisi, kamu tidak perlu membayar hingga puluhan juta rupiah untuk bisa beriklan di media sosial. Kamu bahkan bisa membayar mulai dari puluhan ribu rupiah.

Ada beberapa jenis iklan di Internet, seperti Facebook Ads dan Google Ads. Iklan Facebook akan bisa dilihat oleh pengguna melalui media-media sosial besutan Facebook. Sementara itu, iklan Google akan muncul saat mereka menggunakan mesin pencarian Google.

Iklan-iklan ini akan disesuaikan dengan aktivitas para pengguna di Internet, jadi, promosi produkmu akan langsung tepat sasaran. 

Membuat Akun Marketplace

Orang-orang juga kerap berbelanja daring melalui marketplace, karena banyaknya pilihan barang dan  juga mudahnya bagi mereka untuk melakukan pembayaran via rekening bersama.

Kamu bisa menggunakan akun marketplace untuk mempromosikan barang daganganmu. Pilih judul produk yang menarik dan jangan lupa untuk menggunakan fitur push promote agar barangmu cepat dilihat oleh pengguna lain.

Ada banyak jenis marketplace, mulai dari marketplace consumer goods, properti, mobil, hingga jasa. Pilihlah yang sesuai dengan produkmu supaya kamu bisa menyasar target pasar yang tepat.

Mengadakan Event Daring

Membuat acara khusus untuk mempromosikan produkmu tidak harus mengeluarkan banyak dana. Alih-alih menyewa tempat, kamu bisa menggunakan Internet untuk mengadakan acara. 

Kamu bisa membuat sebuah perlombaan atau giveaway yang berhadiah produkmu, atau membuat seminar daring melalui Zoom. Pada akhirnya, acara-acara ini akan mampu menarik perhatian banyak orang dan membuat mereka menjadi terikat dengan produkmu sendiri.

Membuat Toko Daring Sendiri

Apa fungsi toko daring? Dilihat dari segi pemasaran, hal ini bisa membuat bisnismu menjadi terlihat profesional. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman personal  dibandingkan dengan melakukan belanja online di marketplace. 

Untuk bisnis yang lebih maju, kamu wajib membuat toko daring sendiri. Toko daring akan membuat bisnismu menjadi terlihat lebih istimewa dan membuat pelanggan semakin percaya kepadamu. 

Kamu juga bisa memodifikasi toko daring sesuai dengan keinginanmu, mulai dari tema, peletakan produk, hingga sistem pembayaran. 

Tidak sulit untuk membuat toko daring yang profesional. Bahkan, harganya cukup terjangkau. Wujudkan impianmu memiliki toko daring dengan menggunakan fitur dari Bislin.
Bislin, salah satu platform penyedia toko online kekinian. Kamu bisa buat toko online dengan mudah dan gratis. Cobain yuk! Klik aja https://bislin.com dan buat pengalaman belanja online para pelanggan menjadi begitu menyenangkan.

Artikel Lain